Gallery’s  stories !!

KOMPETISI PENGETAHUAN PASAR MODAL 2016

UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA
15-18 FEBRUARI 2016

Untuk kali pertama sejak terbentuk Desember tahun lalu, Investor Club (IC) Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS mengikuti Kompetisi Pasar Modal yang diselenggarakan oleh Kelompok Studi Pasar Modal Universitas Atmajaya pada tanggal 15-18 Februari 2016 di Yogyakarta.  Investor Club (IC) mewakili Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS mengirimkan dua (2) delegasi dalam kompetisi tersebut. Kedua Tim tersebut diwakili oleh Aditya Juni Pradhana, Bima Setya, Shiva Dwikhuza, Indriyani Siti Hajar.

Agenda hari ke-1 Kompetisi yang dimulai pada sore hari pada tanggal 15 Februari 2016 pada pukul 16.00 diisi dengan agenda registrasi dan tehnical meeting di Auditorium Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Jumlah total peserta kompetisi berjumlah 50 Tim yang berasal dari sejumlah Perguruan Tinggi di Indonesia. Beberapa Perguruan Tinggi bahkan ada yang mengirimkan delegasi hingga 9 Tim.

Agenda hari ke-2 tanggal 16 Februari 2016 adalah Lomba Teori Pasar Modal dan Trading. Pada sesi lomba teori ini, semua peserta diwajibkan untuk mengerjakan soal-soal tentang pasar modal dalam bentuk pilihan ganda. Penilaian dilakukan oleh tim Juri yang terdiri dari Perwakilan Sekuritas, Bursa Efek Indonesia dan Dosen dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Agenda hari ke-3 adalah lomba cerdas cermat.  Lomba Cerdas Cermat merupakan tahapan lomba kedua yang wajib diikuti oleh semua Tim yang lolos dari babak sebelumnya yaitu Lomba Teori. Sebanyak 24 tim lolos memasuki tahapan lomba Cerdas Cermat termasuk tim delegasi dari FEB UNS. Keduapuluhempat Tim ini selanjutnya terbagi menjadi 6 Kloter, sehingga masing-masing kloter akan ada 4 Tim yang saling beradu kecepatan dalam Lomba Cerdas Cermat ini. Tim FEB UNS Tim  LQ 45 diwakili oleh Bima Setya dan Indriyani Siti Hajar dan Tim IDX diwakili oleh Adhitya Juni Pradana dan Shiva Dwikhuza berhasil lolos dalam babak ini dan bersiap untuk menghadapi Tim lawan antara lain dari Universitas Udayana Bali, Trisakti School of  Management Jakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, UPN Jogja dan lainnya. Sekali lagi mereka bukan lawan yang ringan!!! Tim lawan sebagian besar merupakan The Dream Team dan telah berulang kali memenangi perlombaan sejenis ini.

Agenda hari ke-4 merupakan babak final yaitu Lomba Debat. Finalis diambilkan dari pemenang Lomba Cerdas Cermat per kloter, dan keenam Finalis tersebut adalah Tim dari Universitas Ciputra Surabaya, Tim UNS (LQ 45), Tim Universitas Brawijaya Malang, Tim Universitas Diponegoro Semarang, Tim UNS (IDX), dan Tim Universitas Jend. Soedirman Purwokerto. Debut pertama keikutsertaan Investor Club FEB langsung masuk Grand Final Kompetisi Pengetahuan Pasar Modal 2016. Mantab !!!

Lomba Debat berlangsung dari jam 9 hingga jam 12. Sesi Debat kali ini berlangsung sangat seru karena masing-masing Tim harus memaparkan pandangan serta analisis dari setiap kasus yang diajukan oleh Tim Juri dan peserta yang lain boleh mengajukan sanggahan atau opini serta masing-masing Tim harus dapat memberikan argumentasi kuat yang dilengkapi dengan data dan perhitungan yang dilakukan. Sesi debat menjadi sesi lomba yang paling panas, karena masing-masing Tim saling beradu argumentasi dengan saling memberikan data dan fakta yang dimiliki.

Puncak acara Kompetisi Pengetahuan Pasar Modal 2016 adalah Gala Dinner bersama Otoritas Jasa Keuangan, Otoritas Bursa Efek, Mitra Bursa dan beberapa tokoh penting di dunia pasar modal. Gala Dinner dikemas menjadi sebuah rangkaian acara yang menarik penuh dengan hiburan dan bintang tamu dari Jakarta serta berlangsung dengan sangat hangat dan akrab. Dan akhirnya…..dipenghujung Gala Dinner….yang ditunggu oleh semua Finalis!!! Selamat bagi semua Pemenang!!! Juara I adalah Universitas Ciputra Surabaya , Juara II UNS (LQ 45), Juara III Universitas Brawijaya Malang, Juara Harapan I Universitas Diponegoro Semarang, Juara Harapan II UNS (IDX), dan Juara Harapan III Universitas Jend. Soedirman Purwokerto. Juara I – III mendapatkan penghargaan berupa Trophy, Sertifikat, uang Tunai sedangkan Juara Harapan I- III mendapatkan penghargaan berupa Trophy dan Sertifikat.

Sekali lagi SELAMAT KEPADA SEMUA PEMENANG!!!

 

Salam Investasi !

About agung prasetyo

agung prasetyo