• December 8, 2017
KULIAH UMUM KEUANGAN DAN KEWIRAUSAHAAN BERSAMA SEQUIS FINANCIAL INTELLIGENCE TRANSFER FOR Y – GENERATION

Gallery’s Stories

KULIAH UMUM KEUANGAN DAN KEWIRAUSAHAAN BERSAMA SEQUIS

FINANCIAL INTELLIGENCE TRANSFER FOR Y – GENERATION

FEB, 5 DESEMBER 2017

Galeri Investasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta bekerja sama dengan Sequis menyelenggarakan kuliah umum keuangan dan kewirausahaan bertempat di Aula FEB pada tanggal 5 Desember 2017. Tujuan diadakan kuliah umum keuangan dan kewirausahaan ini adalah memberikan nilai tambah bagi mahasiswa untuk memiliki kecakapan financial dalam mengelola sumber daya keuangan menuju kebebasan finansial di masa depan.

Kuliah umum ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Hunik Sri Runing Sawitri, M.Si. Dalam sambutannya, Dekan FEB UNS menyampaikan bahwa kegiatan ini dirasakan sangat penting dan bermanfaat karena dapat digunakan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman bagi peserta (transfer knowledge) dan khususnya bagi mahasiswa yang tergabung dalam komunitas Investor Club dapat meningkatkan kecakapan dalam mengelola investasi. Kepala Program Akuntansi Drs. Santosa Tri Hananto, M.Si., Ak juga menyampaikan dukungannya akan terselenggarakannya kegiatan ini karena kuliah umum keuangan dan kewirausaahaan dapat menambah wawasan bagi peserta sekaligus menekankan bahwa duni usaha itu tidak terbatas pada sektor produksi. Hal ini mengingat bahwa sektor produksi masih dijadikan mindset para pencari kerja.

Pada kesempatan ini kuliah umum kali ini dihadiri Wakil Dekan III Dr. Lukman Kepala Program Studi Akuntansi Drs. Santosa Tri Hananto, M.Si., Ak; Pengelola Galeri Investasi FEB UNS, jajaran pejabat di Sequis serta mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta dari luar FEB. Narasumber dalam kuliah umum keuangan dan kewirausahaan kali ini adalah Hendy Liyanto, B.Bus, MNLP,CPC. Beliau adalah Manajer Sequislife untuk area Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Materi yang dibawakan oleh narasumber bertemakan tentang kecerdasan keuangan bagi generasi Y. Intinya bahwa mahasiswa sekarang ini yang dikenal sebagai generasi Y, dituntut untuk mempersiapkan diri dengan kemampuan dalam mengelola keuangan atau yang lebih dikenal dengan kecerdasan keuangan. Kecerdasan keuangan (financial intellegensia) bertujuan untuk mencapai sebuah tahapan kebebasan finansial (Finansial independence).

Prinsip kebebasan finansial

-          Minset yang benar tentang uang

-          Mengambil persentase dari pendapatan untuk berinvestasi secara periodik

-          80% kesejahteraan/wealth ditentukan oleh mental /psikologi dan 20% ditentukan oleh praktik

Formula untuk kebebasan finansial:

-          Pengeluaran yang lebih sedikit dari pada yang diperoleh

-          Investasi yang berbeda

-          Tentukan batas hasil investasi yang diinginkan (bagi hasil/nilai investasi yang diinginkan)

Narasumber juga memberikan rambu rambu pengelolaan aset :

Aset alokasi klasik :

10% masuk yang aman dana hari tua <15%

20% dana cadangan

20% investasi tumuh

Max 50 % dihabiskan untuk kebutuhan sehari hari

Aset alokasi modern :

10% dana pensiun

10% pendidikan

10% cadangan dan investasi tumbuh

Kegiatan kuliah umum keuangan dan kewirausahaan bersama Sequis tidak hanya terhenti pada kuliah umum yang diselenggarakan pada hari Selasa 5 Desember 2017. Kelanjutan dari materi kuliah umum dilanjutkan dengan workshop tentang bagaimana cara mengelola aset/keuangan yang diselenggarakan pada hari Kamis, 7 Desember 2017 bertempat di Ruang Baca Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS. Dalam workshop kali ini diikuti 15 peserta yang ingin memperdalam materi tentang pengelolaan keuangan.

“The only reason to invest to have income for life without working”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *