• December 7, 2017
Seminar Revitalisasi Kurikulum pada Era Digital

Pada hari ini Kamis, 7 Desember 2017 bertempat di Ruang Nalendra Hotel Lor Inn Dwangsa Karanganyar tengah berlangsung Seminar Revitalisasi Kurikulum pada Era Digital. Seminar kali ini menghadirkan 5 narasumber yaitu :1. Prof. Djoko Suhardjanto. M.Com (Hons)., Ph.D., Ak. (Dosen Program Studi Akuntansi, Asesor BAN PT); 2. Hasan Fauzi, MBA., Ph.D., Ak (Dosen Program Studi Akuntansi, Ketua Rumpun Governance dan CSR IAI KAPd); 3. Ir. Banu Wimbadi, M. Eng (Direktur Utama PT Konsolindo Informatika Perdana, Konsultan IT spesialis ERP SAP pada perusahaan Nasional, Multinasional, BUMN); 4. Darussalam, SE., Ak., CA., M.Si., LL.M Int. Tax (Managing Partner Dany Darussama Tax Centre, Konsultan Pajak Spesialis Perpajakan Internasional Dan Transfer Pricing); 5. Dr. Sutanto, DEA (Staf Ahli Rektor UNS, Pakar Matematika dan Tehnologi Informasi).

Seminar Revitalisasi Kurikulum pada Era Digital dihadiri para pejabat di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, perwakilan akademisi dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ada di wilayah Surakarta maupun dari luar Surakarta seperti UKS, STIE AUB, STIE Surabaya, STIE Surakarta, IAIN, UNS dan lainnya. Seminar kali ini juga dihadiri sejumlah tenaga kependidikan khususnya dari bagian akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS.

Seminar dimulai pada pukul 09.00 dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Hunik Sri Runing Sawitri, M.Si. Kepala Program Studi Akuntansi FEB UNS Drs. Santosa Tri Hananto, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa lingkungan bisnis telah mengalami perubahan yang sangat cepat, sehingga diibaratkan sudah tidak melompat lagi melainkan melenting. Saat ini telah terjadi “turbulensi” di berbagai sektor usaha yang diakibatkan oleh perubahan penggunaan tehnologi informasi. Ketergantungan terhadap Informasi Tehnologi sangat tinggi sehingga menimbulkan fenomena tersendiri di berbagai bidang usaha. Sebagai contoh bahwa raksasa tehnologi informasi GOOGLE telah mencanangkan akan merekrut karyawan yang tidak mensyaratkan level pendidikan tertentu asalkan lolos dalam program rekruitmen – yang tentunya ahli di bidang tehnologi informasi yang diutamakan; pergeseran bidang usaha offline beralih ke bidang usaha online – terjadi penutupan banyak gerai usaha offline dan lain sebagainya. Begitu juga dengan dunia akademisi, bagaimanakah eksistensi program studi akuntansi untuk 5-10 tahun mendatang, apakah masih bertahan ataukah tenggelam (karena terdampak oleh penggunaan tehnologi informasi)? Hal hal inilah yang menjadi wacana sekaligus tantangan untuk didiskusikan bersama dengan para pakar agar dunia akademisi dapat selaras dengan perkembangan dunia tehnologi informasi.

Sejalan dengan apa yang telah diutarakan oleh Kepala Program Studi Akuntansi FEB UNS, Dekan FEB UNS Dr. Hunik Sri Runing Sawitri, M.Si dalam sambutannya mengungkapkan kesepakatan bahwa Seminar Revitalisasi Kurikulum pada Era Digital sangat bermanfaat tidak hanya bagi Jurusan Akuntansi, melainkan juga untuk semua pihak. Perubahan tehnologi informasi yang sangat cepat memaksa setiap pihak untuk siap menghadapi segala perubahan yang terjadi agar tidak tergilas akibat kemajuan tehnologi informasi. Bagi kalangan akademisi, tidak ada alasan untuk tidak merespon perubahan tehnologi yang terjadi. Semua aspek harus disiapkan meskipun akan timbul resistensi dari beberapa pihak, namun hal tersebut adalah wajar.

Materi lengkap Seminar Revitalisasi Kurikulum pada Era Digital dapat diunduh melalui laman ini. Berikut adalah daftar materi yang dapat diunduh melalui laman ini:

  1. Prof. Djoko Suhardjanto. M.Com (Hons)., Ph.D., Ak.

Akuntansi dan peran Akuntan pada Era Digital

  1. Hasan Fauzi, MBA., Ph.D., Ak

Integrated Reporting, sebuah Kebutuhan dan Kewajiban

  1. Ir. Banu Wimbadi, M. Eng

Perspektif Peluang dan Risiko Tehnologi Informasi dalam Bidang Akuntansi pada Era Digital

  1. Darussalam, SE., Ak., CA., M.Si., LL.M Int. Tax

Perkembangan Pemajakan atas Ekonomi Digital

  1. Dr. Sutanto, DEA

Bisociate Thingking: How math Collaboration Changes Everything

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *